CARA MEMBUAT GAMBAR DENAH RUMAH SEDERHANA

Assalamualaikum Wr Wb. Salam para drafter muda penerus bangsa

Kembali lagi diblog saya yang masih baru ini gaess, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki mengenai mengambar di program AutoCAD. Gambar yang akan kita buat saat ini adalah gambar denah rumah tinggal sederhan. Sebelum lanjut ke inti pembahasan saya akan menjelaskan apa itu denah. Denah merupakan gambar tampak atas bangunan yang dipotong satinggi 1 meter di atas permukaan dasar sehingga berbentuk potongan tampak atas. Denah berupa objek 2 dimensi. Fungsi gambar denah adalah sebagai media untuk melihat bentuk suatu bangunan secara menyeluruh sehingga mudah untuk dipahami isi gambar dan maksud gambar tersebut. Dalam merencanakan pembangunan denah cukup diperlukan karena dengan adanya gambar denah pekerja bisa mengacu dengan gambar denah tersebut. Cara membuat denah banyak sekali langkahnya dan bervariasi bisa dikreasikan sendiri, dan pada kesempatan kali ini point point penting saja yang akan saya jelaksan. 
CARA MEMBUAT GAMBAR DENAH RUMAH SEDERHANA
Langkah-langkah membuat gambar denah  menurut versi saya yaitu dengan sebagai berikut:
  1. Pertama : Buka Program AutoCAD dimana program ini adalaha program yang sering sekali digunakan oleh seorang drafter atau juru gambar dalam mengerjakan tugasnya. Program AutoCAD meemiliki berbagai versi, dan  saya sendiri menggunakan program AutoCAD dengan versi tahun2014;
    Gambar 1. Tampilan Program AutoCAD
  2. Kedua : Setelah program dibuka makan akan muncul tampilan layar hitam sebaga media yang akan kita gambar. Langkah pertama buatlah garis garis center. Garis center ini berfungsi sebagai sumbu As bangunan. Dimana sumbu As merupakan garis yang tidak terlihat aslinya hanya saya garis ini sangat berfungsi pada gambar denah untuk dasar awal membuat kolom, dinding dan kabinet lainnya;
    Gambar 2.Garis sumbu As bangunan
  3. Ketiga : Lalu buat kolom dan dinding di sekeliling sumbu As tersebut seperti gambar di bawah ini, dinding memiliki dua lapisan yaitu dinding dalam (bata) dan dinding luar (pelesteran+acian).
    Gambar 3. Gambar Kolom dan dinding
  4. Keempat : Setelah kolom dan dinding dibuat selanjutnya. Siapkan kabinet tambahan seperti pintu, jendela, glassblock, pagar, dan lain lain sesuai kebutuhan. Pada kali ini saya akan membutuhakan pintu dan jendela saja. Pintu dan jendela memiliki banyak sekali typenya ada yang sudah standar dan ada juga yang kostum sesuai keinginan owner.
    Gambar 4. Gambar Pintu, Jendela
  5. Kelima : Setelah semua kabibet digambar sesuai kebutuhan dan disain anda, selanjutnya anda bisa menambahkan taman untuk hiasan diperkarangan rumah. Objek tanaman dapat dibuat dengan command HACTH untuk membuat rumput, dan untuk pohon dapat mengunakan BLOK yang sudah ada di toolpalete. 
    Gambar 5 Gambar Pohon dan tanaman hias
  6. Keenam : Setelah dinding, kolom, pintu, jendela, tanaman dan lain-lain sudah digambar, maka denah sederhana sudah selesai dibuat. Untuk bagian funiture seperti meja, kursi, kasur bisa ditambahkan dengan BLOK yang sudah ada
    Gambar 6. Gambar Denah Sederhana
Gimana membuat gambar denah tidak sulit kan? hehehe. Bagi kalian yang masih belajar bisa juga baca artikel saya di,
Sepertinya cukup ekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat dan bisa dipahami ya teman-teman, saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung.
Wasalamualaikum wr wb.
 
   

Post a Comment

0 Comments