Pengertian dan jenis-jenis Proyek konstruksi Teknik Sipil

Assalammualaikum wr wb 
HALLO teman teman semuanaya apa kabarnya nih?? semoga sehat terus yaaa aamiin...
Selamat datang kembali di kelas teknik gambar dan konstruksi. Pada kesempatan kali ini saya penulis blog akan mengshare materi yang berbeda dari sebelumnya yaitu seputar dunia proyek, Dimana jika sebelumnya postingan saya lebih banyak tentang program autocad seperti Membuat meja bentuk 3 dimensi di program AutoCAD. Saat ini hanya teori saja, materi ini saya dapat diperkulihan jurusan teknik sipil. Langsung saja kita mulai dari pengertian terlebih dahulu ya
Pengertian Proyek
Proyek adalah kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan lokasi sumberdaya tertentu dengan tujuan untuk melaksakan tugas atau pekerjaan yang sasarannya telah ditentukan dengan jelas. Dari pengertian proyek tersebut, cir-ciri proyek yaitu:
  1. Memiliki tujuan yang telah ditentukan,
  2. Alokasi sumberdaya dalam mencapat tujuan diatas telat ditentukan,
  3. Bersifat sementara, artinya saat mulai dan selesai telah ditentukan,
  4. Tidak terulang, artinya jenis dan intensitas kegiatan berubah sepanjang proyek berlangsung.
Jenis- Jenis Proyek
Dilihat dari segi komponen kegiatan utama proyek dikelompokan sebagai berikut :
  1. Proyek Konstruksi, komponen kegiatan utama proyek konstruksi terdiri dari pengkajian kelayakan, perencanaan teknik, pengadaan dan konstruksi. Contoh : pembangunan gedung, jalan raya, bandar udara, pelabuhan, terminal, jembatan, bendungan dan lain-lain.
  2. Proyek Manufaktur, proyek ini merupakan proses untuk menghasilkan produk baru. Kegiatan utamanya meliputi perencanaan teknik, pengembangan produk, pengadaan, manufaktur, perakitan, uji coba fungsi dan operasi produk yang dihasilkan. Contoh : pembuatan mesin pabrik, generator listrik, ketel uap dan lain-lain.
  3. Proyek Penelitian dan Pengembangan, proyek ini bertujuan melakukan penelitian dan pengembangan dalam rangka menghasilkan suatu produk tertentu.
  4. Proyek Pelayanan Manajemen, proyek ini tidak menghasilkan produk dalam bentuk fisik, tetapi berupa laporan akhir. banyak perusahaan yang bergerak di bidang proyek seperti ini, melakukan diantaranya:
  • merancang sistem informasi manajmen, baik perangkat lunak maupun perangkat keras
  • merancang program efisiensi dan penghematan
  • melakukan kajian untuk untuk bahan kebijakan diversifikasi, penggabungan dan pengambil alihan.
Jenis-Jenis Proyek Konstruksi
  1. Konstruksi Bangunan Gedung, antara lain : rumah tinggal, sekolah, gudang, rumah sakit, apartemen, hotel, gedung pemerintahan, gedung perkuliahan, gedung perkantoran, gedung kesenian, pusat perbelanjaan dan lain-lain.
  2. Konstruksi Teknik, antara lain : jalan raya, jembatan, terminal, jalan kereta api, stasiun kereta, terowongan, bandara, pelabuhan, bendungan, pembangkit listrik dan lain-lain.
  3. Konstruksi industri, antara lain : industri migas, industri petrokima, industri pengolahan kelapa sawit, pabrik semen, pabrik tekstil dan lain-lain.
sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semuanya, semoga bisa menjadi tambahan ilmu serta solusi buat para pembaca juga  dan semoga artikel ini dapat menjadi pembelajaran yang cukup baik untuk kita semua,  mari belajar bareng konstruksi tetap semangat hehehe. Saya akhiri artikel ini  dengan ucapan terima kasih semuanya sudah berkunjung ke blog ini, jangan bosen-bosen ya  dan sampai bertemu kembali di blog sekanjutnya ya. wassalamualaikum wr wb

Post a Comment

0 Comments