Pengertian Irigasi dan Debit Air di Mata Kuliah Teknik Sipil

Pengertian Irigasi dan Debit Air di Mata Kuliah Teknik Sipil

Assalamualaikum selamat datang kembali di halaman blog ini dan pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang bertemakan irigasi. 

Pengertian Irigasi
Irigasi adalah suatu usaha produksi penyediaan dan pengaturan air yang diperuntukkan untuk menunjang proses pertanian yang jenisnya meliputi yaitu sebagai berikut di bawah ini:
1. Irigasi air permukaan
2. Irigasi air bawah permukaan
3. Irigasi pompa
4. Irigasi rawa

Pengertian Debit Air
Debit merupakan banyaknya jumlah air yang mengalir persatuan waktu. Secara matematis hal tersebut dapat diformulasikan dengan rumus sebagai berikut:
Q = A x V
Keterangan
Q = Debit air (satuan m^3/detik)
A = Luas penampang lintang air yang mengalir (satuan m^2)
V = Kecepatan aliran air (satuan m/detik)

Pengertian Air
Air adalah salah satu faktor penunjang kelangsungan kehidupan semua makhluk hidup, yaitu manusia, hewan, dan tanaman. Di teknik irigasi tanaman membutuhkan air agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Air yang dibutuhkan oleh tanaman yakni berasal dari air hujan maupun air irigasi. Kebutuhan tanaman akan air digunakan untuk mengganti air yang hilang akibat proses penguapan yang melalui permukaan tanaman maupun permukaan tanah atau evapotranspirasi.  Usaha pengelolaan air untuk menunjang kegiatan pertanian adalah bentuk dari diperlukan sistem irigasi yang tertata dengan baik.

Demikianlah artikel dari saya, silahkan berikan komentar Anda agar blog ini bisa menjadi jawaban lebih baik dari pertanyaan semua. Terima kasih sudah berkunjung di halaman blog ini, sampai jumpa kembali.
SALAM CIVIL ENGINEERING



Post a Comment

0 Comments