PENGERTIAN, JENIS DAN CIRI PERKERASAN JALAN-TEKNIK SIPIL

Assalammualaikum wr wb, selamat datang kembali di halaman blog Kelas Gambar dan Konstruksi pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan materi perkerasan jalan.

Pengertian Perkerasan Jalan
Perkerasan jalan adalah campuran antara agregat dan bahan pengikat yang digunakan untuk melayani beban infrastruktur lalu lintas. Agregat yang digunakan yaitu agregat halus (pasir), agregat kasar (batu pecah, batu kali, batu belah). Bahan pengikat yang dipakai adalah semen, aspal dan tanah liat.

Jenis-Jenis Perkerasan Jalan
1. Perkerasan jalan lentur (Flexible Pavement)
Perkerasan jalan lentur adalah jenis perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan untuk pengikatnya. Dan pada lapisan-lapisan perkerasannya bersifat memikul dan menyebarkan beban lalu lintas dari atas ke tanah dasar. Ciri dari perkerasan jalan lentur yaitu: menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya, sifat dari perkerasan jalan lentur ini adalah memikul serta menyebarkan beban lalu lintas dari atas hingga ke tanah dasar, dan perubahan temperatur yaitu modulus kekuatan berubah serta timbul tegangan dalam yang kecil.

2. Perkerasan jalan kaku (Rigid Pavement)
Perkerasan jalan kaku adalah jenis perkerasan yang menggunakan konstruksi beton atau menggunakan semen (porland semen) sebagai bahan untuk pengikatnya. Plat Beton dengan tulangan atau tanpa tulangan diletakakan di atas tanah dasar dengan atau tanpa lapis pondasi bawah. Berbeda dengan perkerasan lentur beban lalu lintas sebagian besar dipikul oleh plat beton.Ciri dari perkerasan jalan kaku yaitu: menggunakan bahan pengikat semen, pada perkerasan kaku bersifat sebagai balok di atas perletakan, dan perubahan temperatur mengakibatkan modulus ke kekakuan tidak berubah namun timbul tegangan dalam yang besar.

3. Konstruksi perkerasan komposit (Composite Pavement
Konstruksi perkerasan komposit adalah konstruksi yang menggabungkan antara lapisan perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Dapat berupa perkerasan lentur di atas perkerasan kaku atau perkerasan kaku di atas perkerasan lentur. 

Lapisan-lapisan konstruksi perkerasan jalan
1. Lapisan permukaan (surface course)
Lapisan permukaan adalah lapisan yang terletak paling atas pada suatu konstruksi jalan raya
2. Lapisan pondasi atas (Base course)
Lapisan pondasi atas adalah lapisan yang terletak di bawah lapisan permukaan
3. Lapisan pondasi bawah (Sub base course)
Lapisan pondasi bawah adalaha lapisan yang berada di bawah lapisan pondasi atas dan di atas lapisan tanah dasar
4. Lapisan tanah dasar (subgrade)
Lapisan tanah dasar adalah lapisan yang terletak dibagian terbawah dari konstruksi perkerasan jalan.
Gambar Lapisan Perkerasan Jalan


Sekian pembahasan dari perkerasan jalan semoga bisa bermafaat dan terima kasih sudah berkunjung. 
Wassalammualaikum wr wb




Post a Comment

1 Comments

  1. Terima kasih, sesuai dengan jawaban yang saya butuhkan

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda